Saturday, September 17, 2016

Cara Mengemudi Mobil Dengan Baik Bagi Pemula


Cara menyetir mobil manual dengan Baik, Efektif dan Aman, Sebagian mungkin telah mendengar istilah Safety Driving dan Eco Driving. Ya’ni sebuah konsep menyetir dengan aman, nyaman dan santai, serta menghemat kinerja badan. Hal tersebut membuat mobil yang kita kendarai akan terlihat lebih ramah dijalanan.

MEMAHAMI
ISTILAH SAFETY DRIVING DAN ECO DRIVING
Eco Driving
ialah cara mengemudi efektif yang didukung oleh teknologi kendaraan, supaya tercapai berkendara dengan penggunaan bahan bakar yang irit dan ramah lingkungan. Sedangkan Safety Driving ialah memaksimalkan berkendara yang aman dan meminimalisir potensi bahaya, buat pengemudi maupun orang lain.

TIPS
-TIPS MENGEMUDI DENGAN CARA SAFETY DRIVING DAN ECO DRIVING
  1. Tidak usah terlalu lama memanaskan mesin mobil, cukup 1-2 menit. Kalau bahan bakarnya bisa irit tentu tidak usah berlama-lama antre di SPBU.  
  2. Selalu pasang sabuk pengaman. Pastikan karpet tidak mengganggu gerak kerja pedal. Tentukan posisi tubuh yang nyaman saat anda berkendara.
  3. Lakukan perpindahan gigi pada saat putaran mesin di antara 2.000 sampai 3.000 rpm. Gigi 1 - 2 pada 15 kpj, 2 - 3 pada saat 35 kpj, 3 - 4 pada 50 kpj, 4 - 5 pada 70 kpj.
  4. Hindari meletakkan kaki anda di pedal kopling ataupun rem, kebiasaan tersebut dapat mengakibatkan keausan komponen mobil lebih cepat.
  5. Mengemudi dengan nyantai tapi tetap waspada, hindari akselerasi dan nge-rem dengan agresif. Mengemudi "elegan" lebih utama digunakan saat puasa.
  6. Maksimalkan semua fitur-fitur kendaraan yang ada dengan cermat dan cerdas.
  7. Sesuaikan AC dengan situasi dan kondisi lingkungan, gunakan seperlunya aja. Tidak  mengarahkan ventilasi AC ke arah kaca, embun yang muncul bisa menghalangi pemandangan.
  8. Jaga jarak antar kendaraan lain. Untuk kecepatan 25 kpj jarak yang aman sekitar 3 m, 50 kpj jarak 12 m, 100 kpj jarak 50 m, dan 150 kpj jarak 110 m. Selain keamanan anda, jarak tersebut ideal untuk mengerem halus dan penghematan.
  9. Berkendaralah di lajur yang benar, jangan gunakan bahu jalan. Jangan mudah menggunakan emosi, ikutilah semua peraturan lalu-lintas mencerminkan jati diri yang baik.
  10. Sudah beberapa tipe mobil dilengkapi dengan fitur indikator ECO. Umumnya, jika pengemudi menjalankan ECO Driving, maka indikator berwarna hijau akan hidup, begitu juga sebaliknya.
Itulah 10 Tips-tips dan Cara Mengemudi Mobil Dengan Safety Driving dan Eco Driving. Ingatlah, jalan umum bukanlah milik pribadi, maka mengemudilah dan berkendara dengan bijak. Belum bisa mengemudi, dan ingin praktek. Les stir mobil aja pada kami, insya alloh Pasti Bisaa. Amiin.

info  ~Biaya kursus stir mobil Murah di Kudus klik disini
         ~ teori yang akan di sampaikan klik disini

No comments:

Post a Comment